MULUTMU HARIMAUMU

Posted: December 18, 2011 in Neko-neko

“Mulutmu Harimaumu” pepatah ini dimaksudkan agar semua orang menjaga ucapannya ketika berbicara. Seperti halnya harimau ucapan seseorangpun bisa “mencabik, melukai atau bahkan membunuh orang lain.”

Kita memang kadang sulit untuk menahan komentar atau uneg-uneg kita terhadap orang lain apalagi bagi orang yang bisa dikatakan memang hobby membicarakan orang lain. Perkataan yang sangat sepele, guyonan, ejekan yang tidak dimaksudkan untuk menyinggungpun bisa menjadi perkara berat jika lawan bicara merasa tersinggung atau tersakiti. Hal itu dikarenakan keadaan atau perasaan dari kedua pihak yang berbeda atau berlawanan pada saat itu.

Sengaja atau tidak disengaja kita pasti pernah melukai perasaan orang lain. Kadang kata-kata yang dianggap menyakitkan atau menyinggung itu bisa sangat membekas di hati dari lawan bicara. Sedangkan akan sangat mudah hilang pada orang yang mengatakannya, bahkan mereka sering tidak tahu kata-kata yang mana yang membuat lawan bicaranya meresa tersinggung dan maaf kadang menjadi kata yang sangat mahal dalam hal ini.

Percayakah anda, perkataan dapat mempengaruhi orang lain terhadap suatu hal atau orang lain. Misalnya, seorang teman bercerita pada temannya tentang seorang gadis yang telah mencuri pacarnya dan segala kebenciannya terhadap gadis itu. Efeknya, sang teman pasti akan benci juga pada gadis itu, bukan? meskipun temanya itu tidak pernah mengenal secara langsung gadis itu. Ada juga seorang teman yang menceritakan betapa galaknya dosen atau guru dikelasnya. Tentu saja hal itu akan menimbulkan perasaan takut pada si teman ketika suatu saat ia masuk kelas si dosen atau guru yang dimaksud. Bisa kita lihat dari contoh-contoh itu bahwa perkataan punya pengaruh besar pada cara pikir seseorang  terhadap suatu hal atau orang lain.

Untuk itu hendaklah kita sangat berhati-hati menjaga ucapan kita. Bagi para orang tua yang mempunyai masalah dengan pasangannya sangat penting bagi mereka untuk tidak melibatkan anak-anak didalamnya. Bukan tidak boleh meluapkan emosi atau kesedihan terhadap pasangan mereka tapi akan lebih bijaksana jika mereka mencari wadah yang tepat seperti: berbagi dengan sahabat, keluarga, atau kerabat. Hindari perkataan yang bersifat kebencian ketika ada anak-anak disekitar kita. Karena jika hal itu dilakukan akan mempengaruhi sikis dari si anak. Asumsi yang mereka dengar akan sama dengan pemikiran mereka terhadap pasangan yang kita jelek-jelekan. seburuk yang kita bilang seburuk itu juga anggapan mereka.

Seorang anak sangat butuh figur orang tua yang baik, dari perlakuan, kasih sayang yang cukup, materi, dan hal-hal yang menjadikan mereka kebanggaan buat si anak. Anak-anak cenderung suka memamerkan orang tua mereka pada teman-temannya. Menceritakan hal-hal hebat tentang ayah dan ibu mereka, menunjukan betapa orang tuanya peduli dan menyayanginya. Lalu bagaimana jika tak ada hal baik yang bisa diceritakan karena perilaku atau hal-hal buruk yang telah diceritakan dari salah satu pasangan? Kekecewaan sudah pasti dampaknya.

Mengungkapkan kebenaran dari suatu kondisi yang mana dimaksudkan supaya si anak bisa menerima kedaan tersebut dan menjadikannya lebih kuat adalah benar. Tapi sebagai orang tua tentunya kita bisa memilah-milah mana yang perlu disampaikan atau tidak. Cara penyampaian dan perkataan yang tidak berlebih adalah kunci bisa atau tidak si anak menerima suatu kondisi itu. Ingatlah selain hak pribadi mereka mempunyai kewajiban sebagai orang tua.

Banyak hal lain seperti pertikaian, keributan, percecohan, dan semacamnya yang mana terjadi karena kata-kata yang sepele. Kesimpulannya “Jagalah Ucapanmu karena Mulutmu adalah Harimaumu”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s