Masa Kecil

Posted: January 15, 2012 in Gb3n story 1

Banyak yang sudah lupa masa kecil mereka seperti apa, lantaran memang sudah sangat lama sekali waktu itu tertinggal atau tak ada yang berkesan dimasa itu. Tapi tidak denganku. Aku malah selalu ingin mengulang masa-masa itu. Banyak sekali kisah lucu, dan membahagiakan buatku di masa itu.

SD N 1 Tanjung Jaya, Lampung Tengah. Tempat ku temukan sahabat-sahabat yang ikut serta mengukir indah pada kisah kecil kami. Anisa, Hoti (alm), Warti, Parni, Eko, Entik, Anang, Poneren, Dwi, Tuti, Novi, dkk.

Dwi, Nining, Novi, Tuti yang ku singkat menjadi Dunias. Kami adalah tetangga, sedangkan Dwi sepupuku. Meskipun aku tertinggal kelas dari mereka, mereka teman mainku dirumah. Bersyukur aku masih bisa merasakan permainan-permainan tradisional.  Bersama mereka, aku sering bermain BP-an (orang-orangan yang terbuat dari kertas yang bisa di ganti model bajunya). Biasanya kami membelinya di pasar Tanjung Jaya setiap senin dan Jumat. Aku masih ingat barang-barang yang aku punya sampai 1 plastik besar lebih. Di rumah tuti yang dulu kami suka memetik sirsak dan jambu kepunyaannya. Oya dalam permainan karet, BP-an, Rumah-rumahan dari tanah, gateng, Kerece, Tutilah yang paling  jago diantara kami berempat dan yang paling pasif si Dwi. Novi punya pohon pinang disebelah rumahnya, kami berempat suka menggunakan pelepah yang sudah jatuh untuk kami gunakan sebagai kereta yang di tarik 2 orang dari kami secara bergantian. Entah karena keadaan atau memang anak pada zaman kami yang cukup kreatif, dulu kami suka membuat orang-orangan menggunakan tangkai pohon pepaya. Tangkainya kami potong sesuai selera dan untuk rambutnya kami mempergunakan daun pisang yang seperlunya kami lipat 1-1.5″ di bagian atasnya kemudian kami sisir daunya menggunakan jarum. Untuk menghasilkan rambut keriting biasanya kami menjemur daun pisang itu terlebih dahulu. Terakhir gulung daun pisang dan masukan bagian yang dilipat tadi ke dalam pelepah pepaya dan jadilah boneka barbie ala kita hehehe…

Kami juga sering bergabung dengan anak laki-laki di lingkungan kami ( Eka, Wahyu, Eka, Eman, Heri, dkk) untuk bermain petak umpet, utat, rebonan, dan sepak bola. Pokoknya seru banget… banget… banget.

Lain cerita aku, Anisa, Hoti, Eko, dkk. Kami suka main ke kebon kelapa sawit (ada tugas sekolah buat sapu lidi), juga ke sawah & kali ( mencari ikan). Pernah kita orang nyari ikan di sawah mang sapa gitu..( Lupa), tepatnya di belakang rumah Parni. Kita orang di kejar-kejar sama yang punya karena dirasa merusak tanaman padinya,,, hehehe… (Maaf ga sengaja Mang..)

Pernah juga kita ambil rambutan di kebon Hoti (alm),, ehhh dimarahin bapaknya coz menurut bapaknya Hoti tuh rambutan belum pada mateng-mateng. Ga tahu aja tuh bapaknya Hoti, rambutannya udah mateng kok, meskipun masih belum merah tapi udah manis hehehe..

Aku, Eko, Hoti (alm), Rendy, dkk, kita orang pernah tuh mendaki gunung waras dekat rumah Eko. Waktu itu, tuh gunung lagi abis kebakaran jadi kaki, tangan & baju kita pada celemotan areng & abu. Oya di puncaknya ada makam yang di anggap keramat oleh warga sekitarnya. Dan isengnya si Rendy nakut-nakutin ada hantu pula, kita orang jadi lari terbirit-birit hufffttt… Di bawah gunung waras ada pohon bacang yang kebetulan lagi buah, buahnya gede-gede banget terus kita ambil beberapa ( Maaf ya yang punya bacang kita ga izin hehehe…).  Dideket rumah Eko, kita punya langganan es gula aren yang rasanya masih original + mantap lohhh.

Kita punya temen namanya Entik dia adeknya Enang yang juga satu kelas di SD, rumah mereka ditengah-tengah kebun kelapa sawit, sawah, + ladang. Selain udaranya yang masih seger dan pemandangannya yang indah tempat mereka juga agak serem coz di depannya ada dua pohon asem yang tinggi gede. Di jamin suasana malem disana pasti mistis banget. di luar dari kengeriannya,, tuh pohon asem punya kenangan yang ga bakal kita lupain, lucu,, seru,, serem… hemmmm

Kita suka minta tebu dan asem tempat Entik, kadangan mereka yang bawain ke sekolah (baik kan mereka). Pernah ada kisah waktu kita rame-rame ke tempat Entik buat ambil Asem. kita orang pada naek, kebetulan aku masih dibawah sih (ga berani naek hehehe). Anisa masih ditengah tangga, Eko, dkk udah nangkring diatas. Tiba-tiba sarang ular sawah / telampar yang mungkin meresa terganggu oleh kita pada buyar, si Eko ampe nangis ketakutan coz kakinya di lewatin ular. lucu,, liat Eko nangis, seru,,pada lari & ngejar ularnya,, seremmm,,, takut digigit… wkkkwkkkwkkwkk…

Oya, di SD N 1 Tanjung Jaya, ada gunung-gunungan (bukit kecil banget) dan kita di situ suka pada maen perosotan,, disekitarnya ada banyak pohon albasia dan beberapa pohob beringin tempat kita pada nangkring ( Duchhh petekelan banget yach kita orang), ada 1 pohon lagi dimana kita biasa nangkring. Yups pohon belimbing depan rumahku punya buah yang unik, buahnya tuh kecil-kecil dan ga asem. kita orang juga suka nangkring disitu, biasanya kita bawa garem buat temen makan belimbing diatas. Hemmm yammiiiii…

Sedikit mau cerita tentang Hoti (Alm) sahabat kita, Dia anaknya super tomboy secara penampilan, tapi cewek banget kok dia. dan kisah yang pasti kita orang inget tentang dia waktu di SD adalah waktu main Kasti. Pas grupnya jaga dan waktu hoti berusaha nangkep bola yang mengarah ke dia tangannya tuh kebukanya lebar banget jadi kayak mau berdo’a, alhasil bolanya bisa dengan mudah ngabur hahahhahaha…. (sedihhh…kangen..)

Meski tidak memiliki sesuatu yang utuh dan melewatkan moment yang seharusnya ada, Tapi aku bersyukur banget bahwa Allah menggantikannya dengan masa kanak-kanak yang sangat indah dan sahabat-sahabat yang tulus dan super seru. Terima kasih kepada Allah atas anugerah indah ini dan buat sahabat-sahabatku. I miss you all..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s